UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI KELAS V SD NEGERI 1 KARANGNANGKA MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU)

Suherman, Suherman (2019) UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI KELAS V SD NEGERI 1 KARANGNANGKA MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIKU SUHERMAN FIK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) pada kelas V SD Negeri 1 Karangnangka. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangnangka berjumlah 16 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah kelas V SD Negeri 1 Karangnangka. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) Dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 70,0 menjadi 76,0 (Sangat Baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 9 (Baik).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dra. Sri Mawarti, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: TGFU, passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2019 05:01
Last Modified: 17 Dec 2019 05:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66942

Actions (login required)

View Item View Item