PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK BERBASIS PERMAINAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 GUNUNGKIDUL PADA MASA COVID-19

Nasrullah, Fatahudin (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK BERBASIS PERMAINAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 GUNUNGKIDUL PADA MASA COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fatahudin nasrullah_17601241021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran lari jarak pendek berbasis permainan bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Gunungkidul pada masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) yaitu dari Brog and Gall (19983). Uji coba draf model pembelajaran ini dilakukan dua kali ujicoba yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Dalam penelitian ini jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu angket dan skala nilai. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pengembangan model pembelajaran lari jarak pendek berbasis permainan bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Gunungkidul pada masa pandemi Covid-19, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Model pembelajaran yang dikembangan sangat layak/sangat baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik SLB khususnya untuk Tunagrahita ringan. 2) Dihasilkan produk akhir model pembelajaran lari jarak pendek berbasis permainan bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Gunungkidul pada masa Covid-19. 3) Produk yang dihasilkan berupa master file yang tersimpan dalam CD (campact disc) dan juga buku pedoman berupa modul atau buku kecil. 4) Model pembelajaram ini merupakan permainan yang dibuat dengan disesuaikan kondisi peserta didik dan situasi saat ini dengan adanya wabah virus Covid-19 melalui modifikasi pada: alat, fasilitas, peraturan, waktu pelaksanaan, peserta yang terlibat, dan model permainanya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: lari, olahraga adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:56
Last Modified: 07 Jun 2021 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66902

Actions (login required)

View Item View Item