MUSEUM KUPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA MASA PRAAKSARA BAGI GENERASI MILENIAL

Utomo, Susilo Setyo (2019) MUSEUM KUPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA MASA PRAAKSARA BAGI GENERASI MILENIAL. In: Seminar Sejarah dan Alumni Pendidikan Sejarah FIS UNY, FIS UNY Yogyakarta.

[img]
Preview
Archive
18. Museum Kupang -Susilo Setyo.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan museum sebagai sumber pembelajaran sejarah Indonesia masa praaksara bagi generasi milenial. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka yang relevan dengan metode pembelajaran sejarah dan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. Sasaran dari studi ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Nusa Cendana yang sedang melaksanakan PPL pada sekolah mitra. Kajian ini menemukan bahwa Pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran sejarah Indonesia masa praaksara ini dapat meningkatkan pemahaman pelajar terhadap materi sejarah Indonesia masa pra-aksara. Ini dikarenakan museum menawarkan kompleksitas media yang sangat membantu pelajar dalam memperoleh informasi kesejarahan. Pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran sejarah, selain memberikan aspek rekreasi bagi pelajar, juga mampu memberikan visualisasi, interpretasi, dan generalisasi tentang suatu peristiwa sejarah. Oleh karena itu, sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa tentang materi zaman praaksara perlu adanya optimalisasi penggunaan media pembelajaran berupa museum. Kata Kunci: Museum, Media Pembelajaran Sejarah, Praaksara

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Modern
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 11 Dec 2019 08:54
Last Modified: 11 Dec 2019 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66867

Actions (login required)

View Item View Item