Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectually Berbantuan Macromedia Flash terhadap  Kemampuan Berpikir Kritis Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi.

Adistyaningrum, Nurul and Paidi, Paidi (2019) Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectually Berbantuan Macromedia Flash terhadap  Kemampuan Berpikir Kritis Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan pendekatan Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan macromedia flash terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis konseptual dan pengetahuan prosedural peserta didik materi sistem ekskresi secara bersama-sama. (2) kemampuan berpikir kritis konseptual peserta didik materi sistem ekskresi, (3) pengetahuan prosedural peserta didik materi sistem ekskresi, Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Variabel bebas pada peneltian ini yaitu penggunaan pendekatan SAVI berantuan macromedia flash, serta dua variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan prosedural. Populasi penelitain ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Depok, Sleman. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yang dipilih melalui cluster random sampling. Kelompok eksperimen yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1 dan kelompok kontrol kelas XI IPA 2. Pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal uraian kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan prosedural. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t-test dan uji MANOVA menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan SAVI berbantuan macromedia flash efektif terhadap (1) kemampuan berpikir kritis konseptual dan pengetahuan prosedural peserta didik secara bersama-sama pada materi sistem ekskresi; (2) kemampuan berpikir kritis konseptual peserta didik materi sistem ekskresi; (2) pengetahun prosedural peserta didik materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, macromedia flash, pendekatan pembelajaran SAVI, pegetahuan prosedural
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:11
Last Modified: 18 Nov 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66701

Actions (login required)

View Item View Item