Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X pada Materi Tumbuhan di SMA Negeri 1 Pakem,

Rahmatin, Lia Sari and Suyanto, Slamet (2019) Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X pada Materi Tumbuhan di SMA Negeri 1 Pakem,. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD berbasis learning cycle 5E yang dikembangkan berdasarkan kriteria kelayakan LKPD yang ditentukan; (2) efektifitas LKPD yang dikembangkan terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik; (3) efektifitas LKPD yang dikembangkan terhadap peningkatan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, meliputi lima tahap yaitu analysis, design, deveopment, implementation, and evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakem. Subjek uji coba terbatas yaitu kelas XI MIPA 1, dan uji coba lapangan dilakukan terhadap 62 peserta didik kelas X MIPA, terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random. Instrumen pengumpulan data menggunakan, (1) lembar validasi LKPD, (2) lembar validasi perangkat pembelajaran, (3) angket respon peserta didik terhadap LKPD, ( 4 ) lembar soal tes keterampilan proses sains, (5) lembar observasi keterampilan proses sains, dan (6) lembar angket sikap ilmiah. Hasil penilaian LKPD oleh para ahli menunjukkan LKPD memiliki kriteria sangat layak digunakan ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi, dan teknis. Berdasarkan hasil analisis uji, dapat disimpulkan bahwa : (1) LKPD berbasis learning cycle 5E layak digunakan dalam pembelajaran; (2) LKPD berbasis learning cycle 5E efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik; (3) LKPD berbasis learning cycle 5E efektif dalam meningkatkan sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Learning Cycle 5E, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:04
Last Modified: 06 Mar 2023 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66700

Actions (login required)

View Item View Item