Pengembangan Media Scrapbook Cerita Anak untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Sederhana dan Bercerita Siswa Kelas II Sekolah Dasar se-Kecamatan Candimulyo.

Fellasufah, Fetty and Mustadi, Ali (2019) Pengembangan Media Scrapbook Cerita Anak untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Sederhana dan Bercerita Siswa Kelas II Sekolah Dasar se-Kecamatan Candimulyo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan scrapbook cerita anak yang layak untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita sederhana dan bercerita, dan 2) mengungkapkan keefektifan scrapbook tersebut dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita sederhana dan bercerita siswa kelas II di Kecamatan Candimulyo. Penelitian ini penelitian pengembangan yang menggunakan model dari Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan desain produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk I, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk II, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba penelitian adalah guru dan siswa kelas II se-Kecamatan Candimulyo. Pengumpulan data dilakukan malalui wawancara, observasi, dan angket saat analisis kebutuhan. Validasi produk oleh ahli media dan ahli materi, angket respon oleh guru, dan tes keterampilan siswa. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media scrapbook cerita anak memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta berdasarkan hasil respon siswa dan guru. Scrapbook yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita sederhana dan bercerita. Hal ini ditunjukkan oleh nilai N gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji independen dan uji MANOVA menunjukkan bahwa scrapbook tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita sederhana dan bercerita siswa dengan taraf signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bercerita, cerita sederhana, menulis keterampilan, scrapbook cerita anak,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:05
Last Modified: 13 Nov 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66638

Actions (login required)

View Item View Item