Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pemula di Sekolah Dasar.

Amri, Ardani Hildan and Jabar, Cepi Safruddin Abdul (2019) Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pemula di Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru pemula serta upaya dalam pembinaan kompetensi profesional guru pemula di sekolah dasar, yang meliputi: (1) Bagaimana pembinaan guru pemula di sekolah dasar. (2) Bagaimana kompetensi profesional guru pemula di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Narasumber penelitian adalah Kepala UPK Kecamatan Purwokerto Barat, kepala sekolah serta guru pemula di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di satuan Unit Pendidikan Kecamatan Purwokerto Barat. Data dikumpulkan menggunakan instrumen wawancara, catatan hasil lapangan, dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembinaan yang dilakukan oleh dinas berupa pelaksanaan program KKG, peelaksanaan supervisi pengawas, dan rekomendasi program FGD kepada sekolah. Peran kepala sekolah dalam pemembinaan kompetensi profesional guru pemula dengan melakukan supervisi, dan program diskusi ilmiah dengan rekan guru di sekolah dan sekolah mitra. Upaya guru pemula ditunjukan melalui kegiatan supervisi, kesadaran diri untuk berkembang, keikutsertaan dalam workshop, serta aktif dalam melakukan penelitian tindakan kelas, mampu memberikan guru pemula pemahaman serta konsep baru yang mendukung proses belajar mengajar. (2) Kemampuan guru pemula dalam melaksanakan pembelajaran menunjukan pemahaman yang mendalam atas pengetahuan model pembelajaran yang dikembangkan ke dalam materi yang akan diajarkan. Pemanfaatan teknologi serta pengembangan media didasari atas media kongkret dan media abstrak seuai kebutuhan siswa. Terkait aspek kecerdasan emosional perlu mendapat perhatian lebih. Pengalaman mengajar yang masih kurang menjadi hambatan guru dalam menyelesaikan permasalahan sosial dikelas. Pengembangan profesional diri ditunjukan dengan aktif mengikuti workshop pendidikan, salah satunya adalah workshop MBS. Pelaksanaan evaluasi diri dilakukan melalui kegiatan diskusi dengan mitra guru. Temuan dilapangan juga menunjukan bahwa guru pemula melakukan PTK untuk melakukan evaluasi diri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru pemula, kompetensi, profesional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Nov 2019 04:38
Last Modified: 11 Nov 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66595

Actions (login required)

View Item View Item