Implementasi Program Keterampilan Vokasional untuk Persiapan Transisi Pasca Sekolah Menuju Pekerjaan Bagi Peserta Didik Tunadaksa Di SLB Sri Soedewi MS.

Rahman, Aulia and Haryanto, Haryanto (2019) Implementasi Program Keterampilan Vokasional untuk Persiapan Transisi Pasca Sekolah Menuju Pekerjaan Bagi Peserta Didik Tunadaksa Di SLB Sri Soedewi MS. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program keterampilan vokasional untuk persiapan transisi pasca sekolah menuju pekerjaan bagi siswa tunadaksa di SLB Sri Soedewi meliputi: (1) kesiapan sekolah; (2) pelaksanaan; (3) kerjasama yang dilakukan; dan (4) kendala yang dihadapi oleh sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Sri Soedewi di Kota Jambi. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru yang mengajar anak tunadaksa yang meliputi 3 orang guru kelas dan 2 orang guru keterampilan, dan 3 orang tua siswa tunadaksa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, sebagai berikut: (1) Persiapan sekolah dalam implementasi keterampilan vokasional untuk transisi pasca sekolah bagi peserta didik tunadaksa adalah: (a) menentukan program keterampilan vokasional yang tepat untuk peserta didik tunadaksa dengan cara berdiskusi bersama orang tua dengan guru dan dari asesmen dibidang keterampilan vokasional, (b) menetapkan guru keterampilan yang akan mengajar dengan proses seleksi dan wawancara serta mengembangkan kemampuan guru keterampilan dengan kegiatan pelatihan dibidang kurikulum di sekolah dan yang diadakan oleh dinas pendidikan, (c) menyiapkan sarana prasarana yang akses bagi peserta didik, yaitu dengan setting ruangan yang luas. (2) Pelaksanaan keterampilan vokasional dilakukan berdasarkan jadwal masing-masing kelas dengan waktu pelaksanaan sebanyak 24- 26 jam pembelajaran dalam seminggu dengan program yang diikuti adalah komputer, tata rias, dan kerajinan souvenir. Praktik keterampilan dilaksanakan berdasarkan masing-masing program secara individu maupun berkelompok. Evaluasi untuk masing-masing program dilakukan dengan penilaian praktik dengan cara pengamatan. (3) Kerjasama dalam implementasi keterampilan vokasional dilakukan dengan: (a) orang tua peserta didik tunadaksa, yakni melakukan pemberdayaan dan berpartisipasi dalam kegiatan rapat semester dan kegiatan sharing yang diadakan setiap acara ulang tahun sekolah, (b) dengan masyarakat yakni bersama balai latihan kerja dari instansi pemerintah yaitu pelatihan tata rias dan komputer. (4) Kendala dalam implementasi program keterampilan vokasional adalah membangun kerja sama dengan pihak dunia usaha/industri Saat ini SLB Sri Soedewi belum memiliki kerjasama yang terprogram dan berkelanjutan dengan pihak dunia usaha, khususnya untuk keterampilan vokasional peserta didik tunadaksa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan vokasional, tunadaksa, transisi pasca sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:53
Last Modified: 24 Oct 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66348

Actions (login required)

View Item View Item