Audina, Syafura (2019) Pengembangan Model Permainan Halang Rintang untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak TK Kelompok B di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model permainan halang rintang yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, (2) mengetahui keefektifan penerapan model permainan halang rintang terhadap kemampuan motorik kasar anak TK Kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)). Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah dari Borg & Gall yang disederhanakan dari 10 langkah pemngembangan menjadi 9 langkah pengembangan dan terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu: (1) Studi Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Produk, dan (3) Tahap Uji Coba Produk. Subjek yang digunakan untuk uji coba terbatas sebanyak 15 anak, untuk uji coba lapangan sebanyak 32 anak, dan uji efektivitas sebanyak 54 anak. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi,lembar validasi. Teknik analisis data uji efektivitas yang digunakan adalah uji Paired Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa model permainan halang rintang yang dikemas dalam CD dan buku panduan pelaksanaan yang terdiri dari langkah-langkah permainan yaitu kegiatan prapemanasan, kegiatan pemanasan, kegiatan inti, dan kegiatan pendinginan/ penutup. Dalam kegiatan inti terdiri dari lari cepat, lari bolak-balik, melompat, meniti papan titian, dan melempar bola. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan masuk kategori “sangat baik”. Pengembangan model permainan halang rintang dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, hal ini terlihat nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara kemampuan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model permainan halang rintang, motorik kasar anak TK Kelompok B |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 02:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 02:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66266 |
Actions (login required)
View Item |