Pengembangan Computer Based Media (CBM) “MATIKTOK” Matematikabagi Siswa SMP Berbasis Guided Discovery dan Berorientasi pada Pendidikan Karakter

Asmaranti, Widuri and Andayani, Sri (2019) Pengembangan Computer Based Media (CBM) “MATIKTOK” Matematikabagi Siswa SMP Berbasis Guided Discovery dan Berorientasi pada Pendidikan Karakter. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

iiABSTRAKWIDURI ASMARANTI:Pengembangan Computer Based Media (CBM) “MATIKTOK” Matematikabagi Siswa SMP Berbasis Guided Discovery dan Berorientasi pada Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Computer Based Media (CBM)“MATIKTOK”matematika yangberkualitas sehinggalayak bagi siswa SMP berbasis guided discoverydan berorientasi pada pendidikan karakterditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan;(2)mendeskripsikan karakteristik media yang dikembangkan.Penelitian pengembanganini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang terdiri dari: (1) Analysismencakup menganalisis kebutuhan, kurikulum, karakteristik siswa, dan analisis rencana kerja; (2) Designmencakup mendesain produk dengan mengkaji analisis kebutuhan yang telah ditemui; (3) Developmentmencakup mengembangkan produk dan membuktikan kevalidan produk; (4) Implementationmencakup uji coba produk; (5) Evaluation, pada tahap ini produk dievaluasi dengan menganalisis data kepraktisan serta keefektifan produk. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media oleh ahli materi dan media, lembar angket penilaian guru dan siswa, instrumen tes pemahaman, dan angket penilaian karakter siswa. Duaguru dan29siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Yogyakartayang berpartisipasi dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwaComputer Based Media (CBM)“MATIKTOK”dengan model guided discovery learningberbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran matematika SMPlayakjika ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Kevalidan“MATIKTOK”dibuktikandari rata-rata skor yang diperoleh dari validator ahli materi yaitu 111 yang termasuk dalamkategori valid dan dari ahlimedia yaitu 112 yang termasuk dalamkategori valid. Kepraktisan “MATIKTOK” dibuktikan dengan rata-rata skor penilaian guru yaitu104,50 dengan kategori praktis dan rata-rata skor penilaian siswa yaitu84,03 dengan kategori praktis, serta rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran 88,8% dengan kategori sangat praktis. Keefektifanditunjukkandengan adanya peningkatan antara nilai pretes dan postes siswa.Media yang dikembangkanmemiliki karakteristik sebagai berikut: (a) alur pembelajaran menggunakan guided discovery learningdengan langkah pembelajaran yang difasilitasi yaitu langkah identifikasi masalah, investigasi, mengolah data, dan menarik kesimpulan; (b) cerita pada masalah dan soal latihan menceritakan mengenai karakter baik seseorang; (c) memuat unsur-unsur penekanan karakter seperti religius, jujur, kerja keras, teliti, dan rasa ingin tahu; (d) menggunakan instrumen evaluasi berupa tes pemahaman dan penilaian karakter siswa. Kata kunci :Computer Based Media, guided discovery learning, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:06
Last Modified: 17 Oct 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66190

Actions (login required)

View Item View Item