Rekonseptualisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Wilayah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia-Papua New Guinea,

Betaubun, Martha and Madya, Suwarsih (2019) Rekonseptualisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Wilayah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia-Papua New Guinea,. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah mendeskripsikan praktek pembelajaran Bahasa Inggris di wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)-Papua New Guinea (PNG), kemudian digunakan sebagai landasan rekonseptualisasi pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan keadaan peserta didik, efektif, dan dapat digunakan di perbatasan NKRI-PNG. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan pendekatan grounded theory. Aktivitas utamanya adalah induksi secara alami dalam rangka rekonseptualisasi pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan data yang terkumpul. Peneliti langsung terjun ke lapangan dengan melepaskan rancangan konseptual, preposisi, dan teori tertentu yang dimilikinya, agar tidak terjebak menjadi studi verifikatif yang memaksakan penyesuaian tingkat empirikal dengan tingkat konseptual teoritikal. Data penelitian dikumpulkan dengan cara, wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan di wilayah perbatasan NKRI – PNG belum bisa berjalan optimal sampai saat ini. Kendalanya adalah kekurangan guru, usia siswa yang tidak sesuai dengan kejenjangan, proses pembelajaran yang tidak berjalan optimal akibat keterbatasan sarana pembelajaran, upaya perbaikan berjalan lambat dikarenakan simultan dengan pembangunan manusia yang kemudian tidak terpisahkan dari pembangunan wilayah 3T. Kendala-kendala tersebut diproyeksikan akan terus terjadi dalam waktu cukup lama. Setidaknya bila dilihat dari runtun waktu upaya pemerintah yang sudah berjalan selama 40 tahun bila dihitung dari tahun berdiri SD YPK: 1976, atau selama 18 tahun dari tahun berdiri SMPN 11 Sota: 1997, namun kendala masih nyata sampai saat ini. Karenanya perlu dilakukan Rekonseptualisasi pembelajaran dengan mengkonstruksi kendala menjadi modalitas untuk membuka ruang peningkatan kualitas penyelenggaraaan pendidikan. Konstruksi dimulai dengan penatakelolakan usia siswa sebagai landasan pengelompokan harapan lama sekolah (HLS) tinggi dan rendah. Kemudian diikuti penyesuaian target kompetensi dengan mempertimbangkan kearifan lokal: Kompetensi calistung bagi siswa kelompok HLS rendah, kompetensi KTSP bagi siswa HLS tinggi. Penyesuaian kompetensi sekaligus untuk pengoptimalan sumberdaya sekolah yang terbatas. Kekurangan guru, sarana belajar, dan waktu belajar, didayagunakan secara proporsional agar efektif. Kerja bersama pemangku pendidikan di wilayah perbatasan sangat menentukan keterterapan rekonseptualisasi pembelajaran. Diperlukan kesamaan pemahaman oleh warga belajar di sekolah; Dukungan pemerintah dan DPRD dalam bentuk regulasi; Dukungan Dinas pendidikan setempat dalam bentuk panduan implementasi rekonseptualisasi pembelajaran, sehingga terbangun kesamaan gerak langkah dari seluruh pemangku kepentingan; Pelibatan kepala Adat agar nilai-nilai kerarifan lokal terseraf efektif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Keguruan, Kesiswaan, PBM, HLS, Kompetensi, Konstruktivisme, Rekonseptualisasi,
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:12
Last Modified: 31 May 2021 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66039

Actions (login required)

View Item View Item