Assa’dillah, Shofiyyah (2019) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan awal siswa pada Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (3) mengetahui hubungan kemampuan awal terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Kuliner sejumlah 192 orang. Sampel penelitian sejumlah 123 orang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan awal pada pembelajaran kognitif Boga Dasar pada kategori tinggi sebesar 64,2%, (2) prestasi belajar Mata Pelajaran Boga Dasar siswa kelas X pada kategori sangat tinggi sebesar 61%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar, rhitung> rtabel (0,482 > 0,176) dan sig. 0,000 nilai R2 sebesar 0,233. Nilai tersebut berart 23,3% perubahan pada variabel prestasi belajar Mata Pelajaran Boga Dasar kelas X di SMK Negeri 4 Yogyakarta dapat dipengaruhi oleh kemampuan awal yang dimiliki siswa, sehingga disimpulkan kemampuan awal memiliki pengaruh positif terhadap hasil prestasi belajar siswa sehingga semakin tinggi kemampuan awal semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan awal, prestasi belajar, boga dasar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 02:52 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 02:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |