Hesti Yuliyanti, Endah (2012) KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MENULIS KELAS 1 DI SD MENDUT MAGELANG ( STUDI KASUS ). S1 thesis, FIP uny.
|
Text
hesti.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap 7 aspek kemampuan menulis permulaan dan hambatan anak berkesulitan belajar dalam menyelesaikan tugas menulis kelas 1 di SD Mendut Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah satu anak berkesulitan belajar kelas 1 di SD Mendut Magelang. Setting penelitian mengambil tempat di kelas 1 di SD Mendut Magelang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan trianggulasi data. Adapun analisis data dengan deskriptif kualitatif melalui tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis permulaan anak berkesulitan belajar dalam menyelesaikan tugas menulis sebagai berikut:(1) kemampuan motorik tidak mengalami hambatan dan hasil tulisan sudah mampu terbaca dengan ukuran huruf tidak konsisten, mengabaikan spasi, serta membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menulis, (2) perhatian subjek mudah beralih ke hal lain diluar aktifitas menulis, (3) komitmen subjek yaitu mudah mengeluh capek, (4) kemandirian subjek yaitu masih membutuhkan bimbingan individual secara terus menerus, (5) dalam hal menulis subjek sering melakukan addisi, omisi, penulisan kata sama, terbalik dalam penulisan huruf, sering lupa spasi, tetapi memahami kata yang didengar dan dilihat, (6) dalam hal memori subjek kurang mampu mengingat kata yang didengar dan dilihat, (7) kemampuan cross modal dan memahami instruksi tidak mengalami hambatan, (8) subjek dominan menggunakan tangan kanan dalam menulis dan aktifitas lainnya. Hambatan anak berkesulitan belajar dari sisi internal yaitu, (1) gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif, (2) motivasi dan kemandirian masih kurang. Hambatan anak berkesulitan belajar dari sisi eksternal yaitu, (1) guru belum menerapkan strategi pembelajaran khusus untuk subjek, (2) kondisi kelas yang tidak kondusif yaitu suasana kelas yang sering gaduh. Kata Kunci: anak berkesulitan belajar, kemampuan menulis permulaan dalam menyelesaikan tugas menulis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 12 Oct 2012 03:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6569 |
Actions (login required)
View Item |