Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Android pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA

Pahlifi, Dwi Maihidin and Nurcahyo, Heru (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Android pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media berbantuan Android yang layak digunakan pada materi sistem pernapasan, (2) mengungkapkan keefektifan media pembelajaran biologi berbantuan android yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan (3) mengungkapkan keefektifan penggunaan media yang dihasilkan tersebut pada hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba terdiri atas 225 siswa dengan rincian, 165 orang siswa kelas XII MIPA 1, 2, 3, 4, 5 untuk uji coba emipiris, 30 orang siswa kelas XI MIPA 3 untuk kelas eksperimen, dan 30 orang siswa kelas XI MIPA 5 untuk kelas kontrol untuk uji coba kelompok besar di SMA Negeri 2 Bantul. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, tiga guru biologi, dan 16 peer reviewers. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket ahli materi, angket tanggapan guru, peer review, dan siswa, lembar soal pretest dan posttest, angket motivasi, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Uji beda independent sample t-Test digunakan untuk analisis hasil motivasi belajar dan pengukuran hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan taraf signifiksi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang dihasilkan mempunyai kelayakan yaitu visualisasi yang menarik praktis, dan flexible; (2) media yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran menurut ahli materi, ahli media, guru biologi, peer reviewers dan hasil uji coba ke siswa; (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar da

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2019 06:00
Last Modified: 06 Mar 2023 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65621

Actions (login required)

View Item View Item