PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Kirana, Anggita Puspa (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_15803241046_ANGGITA PUSPA KIRANA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019, 3) Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019, dan 4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Manajemen Kelas secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, ketiga dan analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,483; r2x1y = 0,233; thitung > ttabel (5,313> 1,985); persamaan garis regresi Y = 24,738 + 0,738X1 2) Kemandirian Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,481; r2x2y = 0,231; thitung > ttabel (5,288> 1,985); persamaan garis regresi Y = 35,077 + 0,624X2 3) Manajemen Kelas berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx3y = 0,367; r2x3y = 0,134; serta thitung > ttabel (3,802> 1,985) ; persamaan garis regresi Y = 35,984 + 0,516X3 4) Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Manajemen Kelas secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2,3) = 0,563; R2y(1,2,3) = 0,317, Fhitung > Ftabel (14,064 > 2,70); persamaan garis regresi Y = 0,39 X₁ + 0,348X₂+ 0,249X3 + 9,857 dengan total Sumbangan Efektif sebesar 31,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Manajemen Kelas,Prestasi Belajar Akuntansi Dasar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:12
Last Modified: 02 Sep 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65580

Actions (login required)

View Item View Item