Pengembangan Model Permainan Irama Langkah Dalam Pembelajaran Lempar Lembing Pada Siswa Kelas IV SDN Segugus 2 Pulau Besar Bangka Belitung

Naviri, Sinta (2021) Pengembangan Model Permainan Irama Langkah Dalam Pembelajaran Lempar Lembing Pada Siswa Kelas IV SDN Segugus 2 Pulau Besar Bangka Belitung. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sinta naviri_19711251054.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan model permainan irama langkah dalam pembelajaran lempar lembing pada siswa kelas IV SDN Segugus 2 Pulau Besar Bangka Belitung, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dari Borg & Gall. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa dan 1 guru pendidikan jasmani di SDN 2 Pulau Besar. Uji coba skala besar dilakukan pada siswa SDN 2 Pulau Besar dan SDN 5 Pulau Besar yang berjumlah masing-masing 20 siswa dan 2 guru pendidikan jasmani. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu model permainan irama langkah yang dikemas dalam bentuk buku panduan. Model permainan irama langkah mendapatkan validasi oleh tiga ahli dan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil dari uji efektivitas model permainan irama langkah yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lempar lembing, berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pretest kemampuan gerak dasar lempar lembing dan posttest kemampuan gerak dasar lempar lembing (0.00). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa layak dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ria Lumintuarso, M.Si.
Uncontrolled Keywords: lempar lembing
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:39
Last Modified: 30 Apr 2021 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65464

Actions (login required)

View Item View Item