Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran Bernuansa Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan SelfEfficacy Siswa Kelas IV SD

Safarah, Azizah Arifinna (2019) Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran Bernuansa Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan SelfEfficacy Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
azizah arifinna safarah 16712251053.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen pembelajaran bernuansa cerita rakyat yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial serta self-efficacy siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall (1983: 775-776). Subjek uji coba lapangan awal sebanyak enam siswa kelas IV SD N 5 Kutosari. Subjek uji coba lapangan utama sebanyak 12 siswa kelas IV SD N 2 Bumirejo dan 12 siswa kelas IV SD N 4 Bumirejo. Subjek uji coba lapangan operasional terdiri dari 41 siswa kelas IV SD N 4 Kutosari dan 33 siswa kelas IV SD N 2 Kutosari sebagai kelas eksperimen serta 28 siswa kelas IV SD N 7 Kutosari sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian terhadap buku suplemen pembelajaran untuk ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media; angket respon guru; angket respon siswa; dan skala penilaian keterampilan sosial dan self-efficacy siswa. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku suplemen pembelajaran bernuansa cerita rakyat yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli bahasa, serta ahli media dan hasil uji coba awal dan uji coba lapangan utama. Buku suplemen yang dikembangkan tersebut juga efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan self-efficacy siswa. Keefektifan didasarkan pada hasil uji coba lapangan operasional yang menunjukkan taraf signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Hasil nilai signifikansi menunjukkan bahwa secara bersama, penggunaan buku suplemen pembelajaran bernuansa cerita rakyat yang diuji efektivitasnyabenar-benar berbeda secara signifikan terhadap hasil keterampilan sosial dan self-efficacy pada kelas kontrol dan eksperimen. Artinya, ada perbedaan capaian secara nyata pada ketiga kelas yang diajarkan dengan menggunakan buku suplemen yang dikembangkan tersebut. Kata Kunci: buku suplemen pembelajaran, cerita rakyat, keterampilan sosial, self-efficacy.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:56
Last Modified: 21 Aug 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65442

Actions (login required)

View Item View Item