Analisis Gaya Mengajar Guru SD Se-Kecamatan Gombong

Ramahwati, Sila (2019) Analisis Gaya Mengajar Guru SD Se-Kecamatan Gombong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Sila Ramahwati-16712251066-Dikdas.cover.swf

Download (789kB)
[img] Text
Sila Ramahwati-16712251066-Dikdas.tesis.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru Sekolah Dasar, yang tersusun dari lima gaya mengajar yaitu ahli, formal, model, fasilitator dan delegator. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini meggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gombong. Sampel penelitian untuk memperoleh data kuantitatif adalah 141 guru kelas SD di Kecamatan Gombong. Instrumen yang digunakan adalah angket kuisioner berupa skala likert dengan ketentuan mendapatkan nilai 1-4. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas dan uji reabilitas instrumen dihitung menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23.0. teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pendahuluan semua guru menggunakan gaya mengajar fasilitator, pada proses kegiatan inti guru dengan akreditasi A menggunakan fasilitator sedangkan guru akreditasi B menggunakan gaya mengajar formal. Proses kegiatan penutup guru menggunakan gaya mengajar formal. Guru yang berasal dari sekolah swasta cenderung menggunakan gaya mengajar delegator, sedangkan guru yang berasal dari sekolah negeri menggunakan gaya mengajar fasilitator. Kata Kunci : gaya mengajar, guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:45
Last Modified: 09 Aug 2019 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65161

Actions (login required)

View Item View Item