Pengaruh Scientific Approach terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD Negeri Se-UPT Saptosari.

Utami, Hanafita hajar (2018) Pengaruh Scientific Approach terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD Negeri Se-UPT Saptosari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanafita hajar utami-13712251041.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh scientific approach terhadap keterampilan proses; 2) pengaruh scientific approach terhadap hasil belajar kognitif; 3) pengaruh scientific approach terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran tematik integratif kelas V SD Negeri se-UPT Saptosari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan pretest-postest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri se-UPT Saptosari pada semester gasal tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 sekolah. Sebanyak 3 kelas dari 3 SD Negeri menjadi sampel penelitian yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model scientific approach, dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test, sedangkan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Data dianalisis dengan menggunakan independent t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) scientific approach berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses peserta didik dengan nilai signifikansi 0.00 (taraf signifikansi < 0.025); 2) scientific approach berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai signifikansi 0.00 (taraf signifikansi < 0.025); 3) scientific approach berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai signifikansi 0.00 (MANOVA taraf signifikansi <0.05). secara keseluruhan uji dan hasil penelitian menunjukkan bahwa scientific approach berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik integratif kelas V SD Negeri se-Upt Saptosari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: scientific approach, keterampilan proses, hasil belajar kognitif, pembelajaran tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:28
Last Modified: 06 Aug 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65106

Actions (login required)

View Item View Item