Korelasi antara Orientasi Belajar, Gaya Belajar dan Status Sosial Ekonomi dengan Hasil Belajar Program Pelatihan Keterampilan Menjahit di Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Yogyakarta

Mulyani, Suci Hari (2019) Korelasi antara Orientasi Belajar, Gaya Belajar dan Status Sosial Ekonomi dengan Hasil Belajar Program Pelatihan Keterampilan Menjahit di Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
SUCI HARI MULYANI 16704251008_PLS.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah ada korelasi antara orientasi belajar, gaya belajar dan status sosial ekonomi dengan hasil belajar peserta pelatihan program keterampilan menjahit di Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan instrumen angket dan tes hasil belajar dalam bentuk nilai uji pengamatan. Subjek penelitian adalah 31 orang peserta pelatihan program keterampilan menjahit di BLKPP Yogyakarta. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji F pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan yang cukup kuat antara orientasi belajar dengan hasil belajar peserta, dengan nilai r hitung sebesar 0,435 dan nilai signifikansi 0,007; 2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan yang kuat antara gaya belajar dengan hasil belajar, peserta, dengan nilai r hitung sebesar 0,513 dan nilai signifikansi 0,002; 3) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan yang kuat antara status sosial ekonomi terhadap hasil belajar peserta, dengan nilai r hitung sebesar 0,565 dan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci : gaya belajar, hasil belajar, orientasi belajar, status sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:49
Last Modified: 31 Jul 2019 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64902

Actions (login required)

View Item View Item