Pengembangan Multimedia Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta

Pratama, Dewingga Fizzy Keni (2019) Pengembangan Multimedia Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Dewingga Fizzy Keni Pratama (14712251077).swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: berbasis sosiokultural yang layak untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Glagah Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian menggunakan metode research and development Hasil penelitian menunjukkan bahwa, produk multimedia berbasis sosiokultural yang dihasilkan memiliki kelayakan dan keefektifan yang sangat baik. Kelayakan produk dapat ditinjau dari aspek materi yang memperoleh skor 59 dengan kategori “sangat baik”, skor aspek media 71 dengan kategori “sangat baik, skor respon guru 88 dengan kategori “sangat baik”, skor respon siswa ratarata 38,63 dengan kategori “sangat baik”. Keefektifan dapat dilihat dari angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 1 dan 2 dengan signifikansi 0,000 dan 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang artinya H o ditolak. Prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen 1 dan 2 menunjukkan signifikansi 0,000 dan 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya H o ditolak. Kata Kunci: multimedia, sosiokultural, motivasi belajar, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:28
Last Modified: 30 Jul 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64885

Actions (login required)

View Item View Item