HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Puspitasari, Siska (2012) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siska Puspitasari.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan di SD se-Gugus III Seyegan Sleman dengan populasi 178 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Pengambilan data penelitian menggunakan skala psikologi dan dokumentasi nilai akhir (raport) semester gasal siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Sebelum penggunaan instrumen penelitian, dilakukan uji validitas dengan korelasi Bivariate Pearson (Produk Momen Pearson) dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dengan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa yang positif dan signifikan. Hal tersebut terlihat dari koefisien korelasi (r = 0,378) dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut bermakna bahwa ketika siswa memiliki kecerdasan emosional yang baik maka akan memiliki prestasi belajar yang tinggi, begitu juga sebaliknya. Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6485

Actions (login required)

View Item View Item