ANALISIS LAGU DOLAN NANG YOGYA KARYA KELOMPOK MUSIK GANK-X DALAM ACARA OBROLAN ANGKRINGAN TVRI YOGYAKARTA

Suseno, Fajar and Agustianto, Agustianto (2019) ANALISIS LAGU DOLAN NANG YOGYA KARYA KELOMPOK MUSIK GANK-X DALAM ACARA OBROLAN ANGKRINGAN TVRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I. Pendahuluan.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II. Kajian Teori.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
4. BAB III. Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV. Analisis Lagu Dolan Nang Yogya Karya Kelompok Musik Gank-X Dalam Acara Obrolan Angkringan TVRI Yogyakarta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. BAB V. Simpulan dan Saran.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANALISIS LAGU DOLAN NANG YOGYA KARYA KELOMPOK MUSIK GANK-X DALAM ACARA OBROLAN ANGKRINGAN TVRI YOGYAKARTA Oleh: Fajar Suseno 12208241006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Analisis lagu Dolan Nang Yogya karya Gank-X dalam acara obrolan angkringan di TVRI Yogyakarta. seperti bentuk dan struktur lagu serta harmonisasi yang digunakan dalam karya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah kelompok musik Gank-X. Objek penelitian ini adalah lagu Dolan Nang Yogya karya kelompok musik Gank-X. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisis data dilakukan dengan metode interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lagu berjudul Dolan Nang Yogya terdiri dari 92 birama, bertangga nada A Mayor. Struktur lagu ini terdiri dari Introduction, Tema I, Interlude I, Tema I’, Interlude II, Tema II dan Coda. Dalam tema I terdiri dari 3 bagian yaitu A, A’, B. Tema I’ memiliki 3 bagian yaitu bagian A, B, B. Tema II juga terdiri dari 3 bagian yaitu bagian A, B, B. Setelah dilakukan analisis lagu ini memiliki 16 motif yaitu motif m, m1, m2, m3, m4, n, o, p, p’, r, r1, r2, s, s1, s2, s3. Pengolahan motif lagu dan melodi menggunakan pola pengembangan motif diminuation of the value, sekuen naik, sekuen turun, Sequence by rhythm, inversi bebas dan ulangan harafiah. Dalam segi harmonisasi lagu, akor yang digunakan digunakan hanyalah akor I, ii, IV, dan akor V dalam tangga nada A mayor. Kata kunci : analisis lagu, dolan nang yogya, kelompok musik Gank-x.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : analisis lagu, dolan nang yogya, kelompok musik Gank-x.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Fajar Suseno 12208241006
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:18
Last Modified: 29 Sep 2023 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64802

Actions (login required)

View Item View Item