Pengaruh Latihan Imagery dan Self-Talk Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Ketepatan Jump Servis Atlet Bola Voli SMA N 1 Pundong

Purnomo, Arif (2021) Pengaruh Latihan Imagery dan Self-Talk Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Ketepatan Jump Servis Atlet Bola Voli SMA N 1 Pundong. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arif purnomo_19711251069.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara latihan imagery dan self-talk terhadap ketepatan jump service bagi atlet SMAN 1 Pundong; (2) perbedaan pengaruh kepercayaan diri tinggi dan rendah terhadap ketepatan jump service; dan (3) interaksi kedua latihan dan kepercayaan diri terhadap ketepatan jump service. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian 28 atlet yang dibagi menjadi empat kelompok dengan teknik ordinal peiring. Instrumen untuk mengukur kepercayaan diri menggunakan Angket kuesioner, ketepatan servis bola voli dengan AAHPER Service Accuraccy. Teknik analisis data dengan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pengaruh antara latihan imagery dan self-talk terhadap hasil jump service, hasil analisis data menunjukan nilai Sig. sebesar 0,006 < 0,05. Latihan imagery lebih baik dibandingkan dengan latihan self-talk;(2) ada perbedaan hasil jump service antara atlet yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan kepercayaan diri rendah,hasil analisis data menunjukan nilai Sig. sebesar 0,027 < 0,05. Atlet dengan kepercayaan diri tinggi lebih baik dibandingkan dengan kepercayaan diri rendah terhadap hasil jump service; dan (3) ada interaksi antara latihan imagery dan self-talk dan kepercayaan diri (rendah dan tinggi) terhadap hasil jump service bagi atlet, hasil analisis data menunjukan nilai Sig. sebesar 0,085 < 0,05. Saran: Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan sampel yang lebih banyak dan populasi yang lebih luas,sehingga kemampuan melakukan teknik jump servis pada bola voli dapat teridentifikasi lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Awan Hariono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:30
Last Modified: 30 Apr 2021 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64727

Actions (login required)

View Item View Item