SURVEI AKTIVITAS JASMANI YANG MELIBATKAN MOTORIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD NEGERI KEPEK KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2020

Imawan, Akhsan Vandhi (2021) SURVEI AKTIVITAS JASMANI YANG MELIBATKAN MOTORIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD NEGERI KEPEK KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_akhsan vandhi imawan_17604221034.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas jasmani yang melibatkan motorik di masa pandemi Covid-19 pada siswa SD Negeri Kepek Kabupaten Kulon Progo tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas jasmani yang melibatkan motorik di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kepek pada 15-25 Februari 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kepek Kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase dengan dibantu aplikasi Excel 2016. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari ke 3 faktor yang diteliti yaitu aktivitas aerobik, penguatan otot, dan penguatan tulang, siswa SD Negeri Kepek paling banyak dalam kategori “sedang” dalam melakukan aktivitas jasmani yang melibatkan motorik pada masa pandemi Covid-19. Kategori “sedang” ini mendominasi di setiap faktor yang diteliti dengan rincian; aktivitas aerobik 11 siswa (37,93%), aktivitas penguatan otot 17 siswa (58,62%), dan aktivitas penguatan tulang 10 siswa (34,48%). Dilihat dari data keseluruhan juga dapat disimpulkan bahwa persentase siswa melakukan aktivitas jasmani pada masa pandemi Covid-19 masuk dalam kategori “sedang”, dengan jumlah siswa 12 anak (41,37%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa SD Negeri Kepek memperoleh kategori “sedang” dalam melakukan aktivitas jasmani yang melibatkan motorik pada masa pandemi Covid-19. Adapun keterbatasan peneliti yakni penyebaran kuesioner tidak dapat dipantau secara langsung karena hanya melalui Google Forms yang disebarkan melalui Whatsapp group serta pengisian kuesioner yang dibantu oleh orangtua/wali siswa yang dimasudkan untuk mempermudah siswa yang kurang mengerti pengisian kuesioner melalui google forms.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Sudardiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas jasmani, Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:52
Last Modified: 29 Apr 2021 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64720

Actions (login required)

View Item View Item