Evaluasi Program Pembelajaran Kelas Carakde Komunitas SIGi Regional Makassar

Hatta, Andi Afrinaramadhani (2019) Evaluasi Program Pembelajaran Kelas Carakde Komunitas SIGi Regional Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ANDI AFRINARAMADHANI HATTA - 15707251036-TP.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian (1) konteks, (2) input, (3) proses, dan (4) produk program pembelajaran Kelas Carakde yang dilaksanakan oleh Komunitas SIGi Regional Makassar berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan model CIPP (context, input, process, product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam’s. Evaluasi konteks meliputi tujuan program dan relevansi program terhadap kebutuhan lingkungan. Evaluasi input meliputi environmental input, instrumental input, dan raw input. Evaluasi proses meliputi pelaksanaan pembelajaran Kelas Carakde. Evaluasi produk meliputi lulusan program dan ketercapaian tujuan program. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Oktober 2017 dengan populasi pengelola, pendidik, dan peserta didik Kelas Carakde. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen konteks program pembelajaran Kelas Carakde telah sesuai dengan tujuan program dan relevansi program dengan kebutuhan masyarakat, (2) komponen input masih belum sesuai terihat dari kondisi lingkungan alam tidak kondusif dan tidak memadai, kurikulum atau program pembelajaran yang dimiliki masih belum memuat seluruh komponen, latar belakang pendidikan tenaga pendidik belum semua sesuai dengan pelajaran yang diampu, dan tempat belajar yang tidak kondusif dan nyaman, (3) komponen proses sudah cukup sesuai terlihat dari peserta didik selalu hadir tepat waktu, peserta didik senang dan antusias, beberapa peserta didik cukup aktif dalam mengemukakan pendapat, ide, atau pertanyaan, adanya komunikasi timbal balik antara pendidik dan peserta didik, peserta didik berani dan percaya diri untuk tampil ke depan, dan pembelajaran yang diberikan menyenangkan, dan (4) komponen produk program pembelajaran Kelas Carakde tidak sesuai sebab tidak adanya data mengenai jumlah lulusan yang berhasil menyelesaikan proses pembelajaran, tidak adanya data mengenai perubahan tingkah laku peserta didik dari penilaian hasil belajar yang meliputi ranah kognisi, afeksi, dan psikomotor, serta masih ada peserta didik yang merasa bosan selama mengikuti Kelas Carakde. Kata kunci: CIPP, evaluasi, program pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:58
Last Modified: 23 Jul 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64718

Actions (login required)

View Item View Item