Pengelolaan program Education Center Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumah Impian Yogyakarta

Natalia, Idalia Maria (2019) Pengelolaan program Education Center Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumah Impian Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Idalia Maria Natalia-13704251023-PLS.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pelaksanaan program education center pada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumah Impian (2) peranan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumah Impian dalam kegiatan pemberdayaan anak jalanan melalui program education center dengan meninjau fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, (3) kendala yang dihadapi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumah Impian dalam melaksanakan program education center dan (4) manfaat yang diperoleh anak jalanan setempat dari pelaksanaan program education center tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan dan staf lembaga serta anak jalanan yang telah mengikuti program tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan triangulasi sumber dengan cara membandingkan data wawancara, data hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan program education center dilakukan dalam bentuk kegiatan pengajaran dan pelatihan keterampilan berbasis fun learning. 2) peranan LSM Rumah Impian menurut tingkat partisipasinya dalam bidang penanganan anak jalanan berada dalam tingkatan education roles 3) kendala dalam pelaksanaan program yaitu pendanaan atau keuangan, persepsi orang tua terhadap manfaat program education center, keterbatasan jumlah tenaga pendamping, tenaga ahli yang belum memadai di bidang evaluasi program serta lokasi yang terbatas. 4) manfaat yang diperoleh yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak jalanan dan anak beresiko serta adanya perubahan perilaku positif orang tua dan anakanak. Kata Kunci: Pemberdayaan, Anak jalanan, Pengelolaan LSM.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:53
Last Modified: 23 Jul 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64715

Actions (login required)

View Item View Item