PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKRO DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Agatha, Fredy (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKRO DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis android materi cara penggunaan OMM (operation & maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android materi cara penggunaan OMM (operation & maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Sugiyono dengan 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Subjek penelitian adalah peserta didik SMK N 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dengan skala Likert 5 pilihan. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh (1) rancangan pengembangan media pembelajaran yaitu; (a) mengumpulkan masalah dan menggali potensi di sekolah, (b) mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, (c) membuat media pembelajaran dari mendesain sampai menjadi aplikasi, (d) menilaikan media kepada ahli, (e) melakukan perbaikan media, (f) meminta tanggapan peserta didik pada skala kecil, (g) media mendapat tanggapan positif peserta didik sehingga lanjut pada langkah selanjutnya, (h) mengujicobakan media pada satu kelas untuk mengetahui tanggapan peserta didik, (i) media mendapat tanggapan positif dari peserta didik, (j) mengunggah aplikasi pada google drive supaya peserta didik bisa mengunduh aplikasi, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran materi cara penggunaan OMM (operation & maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif dari segi materi dengan rata-rata nilai 4,83 sehingga media sangat baik, dari segi media memperoleh rata-rata nilai 4,21 yang termasuk dalam kategori sangat baik, dari tanggapan peserta didik pada ujicoba produk memperoleh rata-rata nilai 4,63 yang termasuk dalam kategori sangat baik, pada ujicoba pemakaian mendapat nilai rata-rata 4,35 yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, teknologi dasar otomotif, android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:40
Last Modified: 16 Jul 2019 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64583

Actions (login required)

View Item View Item