PENGEMBANGAN VARIATIVE QUESTION CARDS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR

Hadikusuma, Donie and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN VARIATIVE QUESTION CARDS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DONIE HADIKUSUMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran Variative Question Cards yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik, 2) mengetahui peningkatan minat belajar fisika dengan penggunaan Variative Questions Card (VQC) sebagai media pembelajaran fisika, dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pemebelajaran Variative Question Cards dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) pada materi gerak melingkar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan instrumen penelitian, rancangan awal RPP dan media pembelajaran. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan RPP dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan media pembelajaran Varriative Question Cards (VQC) serta soal pretest dan posttest yang sudah direvisi berdasarkan komentar dan saran dari validator ahli dan praktisi. Kelayakan media dianalisis mengunakan CVI dan CVR dengan perolehan CVI 0,99 kategori Sangat Baik. Peningkatan minat dan hasil belajar secara berturut-turut dianalisis dengan persentase ketercapaian dan standar gain. Produk RPP dan media pembelajaran VQC yang dikembangkan diujicobakan di SMA N 1 Cangkringan dengan mengambil 2 kelas yaitu 1 kelas (32 peserta didik) untuk uji coba terbatas dan 1 kelas (31 peserta didik) untuk uji coba lapangan. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran RPP model pembelajaran STAD dan media pembelajaran VQC. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) media Variative Questions Card (VQC) dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi gerak melingkar guna meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik SMA kelas X ditinjau dari perolehan skor CVI sebesar 0,71 (sangat baik), 2) peningkatan minat belajar peserta didik SMA N 1 Cangkringan dengan menggunakan media VQC model pembelajaran STAD adalah 14,1 % (kategori baik), dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik SMA N 1 Cangkringan dengan menggunakan media VQC model pembelajaran STAD pada materi Gerak Melingkar dengan standar gain sebesar 0,75 (kategori tinggi)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media VQC, STAD, hasil, minat belajar dan Gerak Melingkar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:57
Last Modified: 11 Jul 2019 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64525

Actions (login required)

View Item View Item