PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

Pambudi, Bagus (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagus pambudi_17604224052.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran daring oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK di Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Kasihan Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 guru dari 20 Sekolah Dasar Negeri, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran daring oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar Negeri se-Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 guru), “rendah” sebesar 35% (7 guru), “Cukup” sebesar 45% (9 guru), “tinggi” sebesar 5% (1 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 15% (3 guru). Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 92,00, pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran daring oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar Negeri se-Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul dalam kategori “Cukup”. Berdasarkan hasil tersebut, seberapa tinggi tingkat pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran daring oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mengindikasikan bahwa ada beberapa sekolah yang tidak melaksanakan pembelajaran PJOK secara daring.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Saryono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:23
Last Modified: 29 Apr 2021 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64450

Actions (login required)

View Item View Item