PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Safitri, Putri (2021) PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_putri safitri_17601241005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran jarak jauh pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survey. Instrument yang digunakan berupa angket. Subyek penelitian ini adalah guru PJOK SMP se-Kabupaten Gunungkidul, dengan jumlah keseluruhan 101 guru dari 83 sekolah. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif dengan menuangkan frekuensi dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran jarak jauh pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Gunungkidul diperoleh hasil kategori “tinggi” sebesar 35,6% , kategori “sedang” sebesar 59,4%, kategori “rendah” sebesar 5,0%. Dari hasil di atas pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran jarak jauh pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Gunungkidul masuk dalam kategori sedang, karena guru penjasorkes belum maksimal dalam memanfaatkan internet based e-learning dan electronic based e-learning dalam pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:31
Last Modified: 29 Apr 2021 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64393

Actions (login required)

View Item View Item