Hubungan Komunikasi Orang Tua Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Resolusi Konflik Anak Di Taman Kanak-Kanak „Aisiyah Bustanul Atfhal Kota Magelang.

Rahmah, Nur (2019) Hubungan Komunikasi Orang Tua Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Resolusi Konflik Anak Di Taman Kanak-Kanak „Aisiyah Bustanul Atfhal Kota Magelang. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis-nur rahmah-13704251006.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hubungan komunikasi orang tua dengan resolusi konflik, hubungan komunikasi orang tua secara parsial berhubungan dengan kecerdasan interpersonal dan hubungan kecerdasan interpersonal dengan resolusi konflik serta untuk mengetahui hubungan komunikasi orang tua dan kecerdasan interpersonal dengan resolusi konflik di TK ABA Kota Magelang Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis korelasional. Alasannya ingin mengetahui data dan pengaruh kemampuan komunikasi orang tua, terhadap kecerdasan interpersonal dan resolusi konflik anak di TK yang dikumpulkan melalui pengajuan pertanyaan/pernyataan. Penelitian ini bersifat ex-post facto yang mengungkap kenyataan atau gejala peristiwa yang telah terjadi dan berimplikasi pada berbagai tindakan sesudahnya yang diperkirakan sebagai objek yang diteliti. Tidak ada perlakuan apapun terhadap variabel oleh peneliti Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semua hipotesis nol (Ho) ditolak dan semua hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan rincian sebagai berikut. Hipotesis 1) hubungan (R) yaitu 0.356 dan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.127, yang mengandung pengertian bahwa hubungan komunikasi terhadap kecerdasan intrapersonal adalah 12,7%. Hipotesis 2) nilai hubungan (R) yaitu 0.534 dan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.285, yang mengandung pengertian bahwa hubungan komunikasi orang tua dengan kemampuan resolusi konflik adalah 28,5%. Hipotesis 3) hubungan (R) yaitu 0.520 dan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.271, yang mengandung pengertian bahwa hubungan komunikasi orang tua dengan kemampuan resolusi konflik adalah 27,1%. Hipotesis 4) hubungan (R) yaitu 0.640 dan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.410, yang mengandung pengertian bahwa hubungan komunikasi orang tua dengan kemampuan resolusi konflik adalah 41%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kecerdasan Interpersonal, Resolusi Konflik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jun 2019 07:43
Last Modified: 20 Jun 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64328

Actions (login required)

View Item View Item