PEMETAAN KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DENGAN PENDEKA TAN PERENCANAAN STRATEGI 01 KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL SEBAGAI LABORATORIUM LUAR KAMPUS PROGRAM STUDI PLS

YOYON, SURYONO (2002) PEMETAAN KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DENGAN PENDEKA TAN PERENCANAAN STRATEGI 01 KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL SEBAGAI LABORATORIUM LUAR KAMPUS PROGRAM STUDI PLS. [Experiment/Research]

[img] Text
ABS1.doc

Download (29kB)

Abstract

Program pendidikan luar sekolah dikembangkan untuk rnernenuhi kebutuhan sasaran didik pada satuan individu, kelompok, organisasi, maupun masyarakat pada umumnya. Penelitian yang dilaksanakan dengan survey di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bamtul bertujuan memetakan. kebutuhan pengembangan program pendidikan luar sekolah yang didasarkan atas hasil analisis potensi dan kondisi seluruh kor{,ponen pendidikan luar sekolah dengao menguntungkan pendekatan perencanaan strategis. Dala yang diperlukan dikumpulkan melaiui pcngurnpulan dokumen, W1Wai:Carg. (hn diskusi kelompok serta dianalisis secaradeskriptif dengan mengacu pada pendekatan perencanaan strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah warga b~lajar yang tertampung oleh program pendidikar. Luar sekolahmisih sangatsedikit dan sangat tergantung pada program pemerimah, mbtivasi uddJar dari warga belajar relatil masih rendah. kesejahteraan para pengelola :TIa;ih di bawah standar, dana penyelenggaraan program PLS kurang niencukupi dan sering teriambat, fasilitas pembelajaran kurang memadai, program PLS dalam PKBM belum dapat berkcmbang dengan maksimal karena keterbatasantutor yang ada, kecenderungan para remaja tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan partispasi masyarakat terhadap pendidikan masih rendah. Dari isu-isu tersebut dirurnuskan strategi pengembangan sebagi berikut (a) perlunya penurnbuhan dan pengembangan kesadaran warga belajar akan arti pentingnya pendidikan melalui tokoh-tokoh masyarakat,(b) pengembangan kemampuan tenaga penyelenggara serta masyarakat melalui pelatihan bagi Penyelenggara,(c) pengembangan tenaga pengelola dan warga masyarakat dalam kegiatan PKBM, (d) pengembangan fasilitator sebagai pekerjaan sampingan serta rnelibatkan lulusan LPTK yang belurn bekerja, (e) pengembangankudkulum dan modul pembelajaran serta perlunya dukungan sentra industri kerajiban, (f) pengembangan dukungan biaya dan peluang beasiswa, (g) pengembangan jadwal belajar dan tempat belajar, (h) pengembangan lingkungan belajaryang mandukung kegiatan mengajar balajar. (i) pengembangan pengakuan lulusan yang sarna dengan lulusan perekutahan. (j) pengembangan modal usaha untuk warga belajar, dan (k) pengembangan warga rnasyarakatdengan meningkatkan ketramrlan

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 01 Oct 2012 02:01
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item