Pengembangan E-Magazine Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Akbar, Rachmatul (2019) Pengembangan E-Magazine Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Dompu, Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis-rachmatul-akbar-16707251028.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengembangkan multimedia pembelajaran (e-magazine biologi) materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Dompu, Nusa Tenggara Barat, (2) mengungkapkan kelayakan produk yang dikembangkan, (3) mengungkapkan tanggapan siswa kelas VIII terhadap produk yang dikembangkan tersebut. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Pengujian produk terdiri atas uji alfa dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan produk dan efektivitas produk. Uji alfa produk melibatkan 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji beta produk dalam skala kecil melibatkan 13 siswa kelas VIII B. Uji lapangan melibatkan 26 siswa Kelas VIII B SMP. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah multimedia pembelajaran berupa compact disc (CD). Hasil pengujian produk pada uji alfa menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak yang diberi rerata skor 3,74 oleh ahli media dan 3,53 oleh ahli materi. Hasil uji beta dalam skala kecil menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan tersebut masuk dalam kategori sangat layak dengan rerata skor 3,37. Sedangkan uji lapangan menghasilkan rerata skor sebesar 3,61 dengan kategori sangat layak. Multimedia ini juga terbukti layak dan efektif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Dompu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: biologi, e-magazine, multimedia, pembelajaran, sistem pernapasan.
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:18
Last Modified: 18 Jun 2019 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64300

Actions (login required)

View Item View Item