PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL

Pramitasari, Pramitasari (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Pramitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara parsial terhadap tanggung jawab belajar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara ganda terhadap tanggung jawab belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul sebanyak 562 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 234 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data minat belajar, motivasi belajar, dan tanggung jawab belajar menggunakan skala. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa di SD 1 Trirenggo. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas isi sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment pearson. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, uji regresi ganda, sumbangan efektif, dan sumbangan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar, dibuktikan dengan minat belajar yang memiliki nilai thitung 5,274, nilai peluang galat (p) sebesar 0,000 < 0,05, dan mempunyai sumbangan sebesar 18,52%; 2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar, dibuktikan dengan motivasi belajar yang memiliki nilai thitung 6,039, nilai peluang galat (p) sebesar 0,000 < 0,05, dan mempunyai sumbangan sebesar 21,88%; dan 3) minat belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar, dibuktikan dengan nilai Fhitung 78,209, nilai peluang galat (p) sebesar 0,000 < 0,05, dan mempunyai sumbangan sebesar 40,4%. Kata kunci: minat belajar, motivasi belajar, tanggung jawab belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2019 04:58
Last Modified: 28 May 2019 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64195

Actions (login required)

View Item View Item