Faaizati, Luthfiana Kunii (2019) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 5. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Luthfiana Kunii Faaizati.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada siswa kelas V SD Negeri Kotagede 5 tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya ≥75% dari keseluruhan siswa berada dalam kategori tinggi dan/ atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas V SD Negeri Kotagede 5 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Peningkatan percaya diri dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 16,07% dari siklus I sebesar 73,07% meningkat di siklus II menjadi 89,14%. Sedangkan hasil angket menunjukkan adanya peningkatan sebesar 8,52% dari siklus I sebesar 74,41% meningkat di siklus II menjadi 82,92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas V di SD Negeri Kotagede 5. Kata kunci: percaya diri, model pembelajaran kooperatif tipe Time Token
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 May 2019 06:01 |
Last Modified: | 20 May 2019 06:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63867 |
Actions (login required)
View Item |