PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN ILMU GIZI KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Luthfinia, Riza (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN ILMU GIZI KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JUDUL sd dft LAMP.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran audio visual mata pelajaran ilmu gizi sebagai media pembelajaran bagi siswa di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual mata pelajaran ilmu gizi sebagai media pembelajaran bagi siswa di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dan (3) mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian research & development (RnD) melalui tahap define, design, dan develop. Define dilakukan dengan tahap berupa observasi kelas, wawancara dan studi pustaka. Design yaitu perancangan media pembelajaran audio visual Develop yaitu validasi oleh ahli materi dan media, aspek yang diamati meliputi aspek materi, media, dan secara keseluruhan. Pengujian kelayakan media dilakukan pada kelas X Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembuatan media audio visual untuk mata pelajaran ilmu gizi dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu a) define dilakukan dengan tahap berupa observasi kelas, wawancara dan studi pustaka yang diklasifikasikan ke dalam beberapa cara yaitu analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, merumuskan tujuan b) design dilakukan pembuatan rancangan produk. c) develop yaitu validasi oleh ahli materi dan media 2) Tingkat kelayakan media audio visual pada mata pelajaran Ilmu Gizi termasuk dalam kategori baik dengan rerata skor 4,0 dan presentase kategori baik sebesar 48,2%. Hasil uji coba materi ilmu gizi pada siswa kelas X Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta menunjukkan adanya perbedaan yaitu terjadi peningkatan skor posttest. Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual mata pelajaran Ilmu Gizi secara keseluruhan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X Jasa Boga di SMK N 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual , Ilmu Gizi, Pemahaman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 May 2019 01:54
Last Modified: 14 May 2019 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63808

Actions (login required)

View Item View Item