Susilo, Bhakti (2009) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN BERSTANDAR ISO 9001:2000 BAGI SISWA BIDANG KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Bhakti_Susilo.pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap layanan pendidikan berstandar ISO 9001:2000 bagi siswa kelas 1, 2 dan 3 bidang keahlian Elektronika Industri; (2) Apakah ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap layanan pendidikan berstandar ISO 9001:2000 antara siswa kelas 1 dan siswa kelas 2; (3) Apakah ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap layanan pendidikan berstandar ISO 9001:2000 antara siswa kelas 1 dan siswa kelas 3;(4) Apakah ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap layanan pendidikan berstandar ISO 9001:2000 antara siswa kelas 2 dan siswa kelas 3 bidang keahlian elektronika industri di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Instrumen yang digunakan berupa quesioner untuk mengukur tingkat kepuasan kelompok pelanggan siswa pada populasi penelitian yaitu kelas 1, 2 dan 3 bidang keahlian elektronika industri SMK Negeri 2 Depok Sleman. Kepuasan didapat dengan membuat perbandingan antara persepsi/penilaian kinerja layanan pendidikan oleh siswa dan harapan siswa terhadap 5 faktor penentu mutu layanan yaitu : keandalan, daya tanggap, jaminan, empathy, dan berwujud. Kemudian nilai nilai tingkat kepuasan tiap siswa dalam setiap populasi dianalisis data. Analaisis rangking uji H kurskal wallis digunakan untuk menguji beda tingkat kepuasan antara kelas 1,2 dan 3. Uji-t dua sampel independen dengan taraf sig. 0,05 dilakukan untuk menguji beda kepuasan antar kelas 1 dan 2, kelas 1 dan 3, serta kelas 2 dan 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap layanan pendidikan berstandar ISO 9001:2000 bagi siswa kelas 1, 2 dan 3 bidang keahlian elektronika industri di SMK Negeri 2 Depok Sleman,dengan 2 hitung(27,24) > 2 tabel 9,21. Hal ini juga didukung dengan adanya perbedaan tingkat kepuasan terhadap layanan berstandar ISO 9001:2000 antara siswa kelas 1 dan siswa kelas 2; siswa kelas 1 dan siswa kelas 3; siswa kelas 2 dan siswa kelas 3 dengan hasil t hitung secara berurutan (3,731; 2,398; 5,738 ) > t tabel (2,000). Serta rata – rata tingkat kepuasan kelas 1 = mendekati puas, kelas 2 lebih dari puas, kelas 3 mendekati kurang puas. . Kata kunci : Tingkat Kepuasan, Standar ISO 9001:2000, Siswa SMK
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 26 Sep 2012 07:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6335 |
Actions (login required)
View Item |