PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, JENIS KELAMIN DAN JURUSAN TERHADAP POLA KONSUMSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Fitri Prasetyaningsih, Rizka (2019) PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, JENIS KELAMIN DAN JURUSAN TERHADAP POLA KONSUMSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKA FITRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Jenis Kelamin, dan Jurusan terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa FE UNY tahun angkatan 2016 yang berjumlah 445 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 256 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan tingkat literasi keuangan terhadap pola konsumsi mahasiswa FE UNY, dibuktikan dengan nilai t sebesar 3,688, signifikan pada =0,05, dan nilai koefisien regresi sebesar 0,101; (2) terdapat pengaruh signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap pola konsumsi mahasiswa FE UNY, dibuktikan dengan nilai t sebesar -6.818 dan signifikan pada =0,05, koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,226; (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan jenis kelamin terhadap pola konsumsi mahasiswa FE UNY, dibuktikan dengan nilai t sebesar -0.045, p-value lebih besar =0,05, yaitu sebesar 0,964; (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan jurusan terhadap pola konsumsi mahasiswa FE UNY, dibuktikan dengan p-value dari masing-masing variabel dummy jurusan lebih besar =0,05; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel tingkat literasi keuangan, status sosial ekonomi orang tua, jenis kelamin, dan jurusan secara bersama-sama terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY, dibuktikan dengan nilai F sebesar 16.398, prob F<0,05, dan nilai R sebesar 0,532. Pola konsumsi dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan, status sosial ekonomi orang tua, jenis kelamin, dan jurusan 28,3%, dan sisanya sebesar 71,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Suyanto, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pola Konsumsi, Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:55
Last Modified: 25 Mar 2019 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63190

Actions (login required)

View Item View Item