Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Rahmawati, Fita (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fita-rahmawati-14712251038.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis Problem Based Learning yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab siswa kelas IV SD, dan menguji keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah desain R&D Borg dan Gall. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas, uji coba diperluas dan uji operasional. Penelitian dilakukan di SDN Semanu III, SDN Karangrejek II, dan SDN Gombang II, Kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi ahli, angket respon guru, skala respon siswa, skala karakter tanggung jawab, dan tes kemampuan berpikir kritis. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment. Data dianalisis secara despkriptif kualitatif dan kuantitatif melalui uji beda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa seperangkat pembelajaran dalam bentuk silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, buku ajar, Lembar Kerja Siswa, dan instrumen penilaian yang layak digunakan berdasarkan penilaian ahli kurikulum, ahli media, ahli materi, dan ahli evaluasi dengan kategori “sangat baik”. Produk yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang dibuktikan dengan rerata nilai posttest kelas eksperimen 1 dan 2 yang masing- masing memperoleh 80,48 dan 80,39. Pada kelas kontrol reratanya hanya 67,73. Perbedaan rerata ini signifikan pada nilai t hitung sebesar 5,579 dengan two-tails significance pada 0,000 untuk uji beda posttest kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol. Pada uji beda posttest kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol, perbedaan reratanya signifikan pada nilai t hitung sebesar 5,845 dan two-tails significance pada 0,000. Produk yang dikembangkan juga efektif meningkatkan karakter tanggung jawab siswa. Hal ini dibuktikan dengan rerata skor postskala pada kelas eksperimen 1 dan 2 yang masing-masing mencapai 8,04 dan 8,08 sedangkan pada kelas kontrol reratanya hanya 7,22. Perbedaan rerata ini signifikan pada nilai t hitung sebesar 2,119 dan two-tails significance pada 0,040 untuk uji beda postskala kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol. Pada uji beda post skala kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol, perbedaan reratanya signifikan pada nilai t hitung sebesar 2,164 dan two-tails significance pada 0,036 dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran tematik integratif, Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, karakter tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:05
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62444

Actions (login required)

View Item View Item