Pengembangan Buku Cerita berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IV SD.

Rahman, Habib Nur (2018) Pengembangan Buku Cerita berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-habib-nur-rahman-16712251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita berbantuan augmented reality yang memenuhi kriteria kelayakan, (2) mengetahui keefektifan buku cerita berbantuan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa dan karakter tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan model research and development yang mengacu pada model Borg & Gall (1983). Subjek uji coba adalah siswa kelas IV. Subjek uji coba lapangan awal melibatkan sembilan siswa, subjek uji coba lapangan utama melibatkan 15 siswa, dan uji coba lapangan operasional melibatkan 96 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah 48 siswa di masing-masing kelompok. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, skala, tes dan observasi. Kelayakan buku cerita berbantuan augmented reality dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam lima kategori kuantitatif. Keefektifan buku tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis dan karakter tanggung jawab siswa dianalisis melalui uji t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku cerita berbantuan augmented reality yang dikembangkan tersebut telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon guru dan respon siswa; (2) buku tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan karakter tanggung jawab. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa buku tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan karakter tanggung jawab siswa kelas IV SD secara signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05 (p<0,05). Kata Kunci: augmented reality, berpikir logis, buku cerita, karakter tanggung jawab

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:22
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62418

Actions (login required)

View Item View Item