Pengembangan Buku Fabel Bergambar untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 5-6 tahun

Ferdiyanti, Tiara (2018) Pengembangan Buku Fabel Bergambar untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 5-6 tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tiara Ferdiyanti.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk bahan ajar atau buku fabel bergambar yang memenuhi kriteria kelayakan; dan (2) mengetahui keefektifan buku cerita bergambar fabel untuk meningkatkan kosakata pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian pengembangan dalam penelitian ini menggunakan langkah pengembangan ADDIE, meliputi (1) Analysis, ( 2) Design, (3) Development (4) Production, (5) Implementation or Delivery and Evaluations. Subjek uji coba awal adalah 15 anak umur 5-6 tahun. Subjek uji coba utama adalah 15 orang anak. Subjek uji coba opersional pada kelas eksperimen sebanyak 20 anak. Dan subjek uji operasional pada kelas kontrol sebanyak 25 anak. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk pada buku cerita bergambar, angket respon guru, tes kemampuan tentang mengenal kosakata, dan tes keterampilan memahami. Tekhnik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah : (1) bahan ajar buku cerita bergambar fabel untuk meningkatkan kosakata pada anak usia 5-6 tahun yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli materi dan ahli bahasa serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat layak; dan (2) bahan ajar buku fabel bergambar untuk mengingkatkan kosakata pada anak usia 5-6 tahun. Kemampuan meingkatkan kosakata pada buku fabel bergambar meningkat secara signifikan berdasarkan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 (sig.(2 tailed) = 0,000 [ a = 0,05 (sig.(2 tailed)=0,00 [a = 0,05). Kata Kunci : Buku Fabel Bergambar, meningkatkan kosakata, anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:17
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62388

Actions (login required)

View Item View Item