Malaikosa, Christi Agustin (2018) Implementasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Jenjang SMP di Kabupaten Alor. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-christi agustin malaikosa-16706251019.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Inggris jenjang SMP di Kabupaten Alor yaitu: (1) implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran, (2) implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran, (3) implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian serta (4) hambatan yang di hadapi dalam pengimplementasian dan (5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 SMP pilot project pelaksana kurikulum 2013 dengan subjek penelitian yaitu guru yang mengasuh mata pelajaran bahasa Inggris dan juga kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Keabsahan data hasil penelitian mengunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data mengadaptasi Analysis Interactive model Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi dalam perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 telah dilaksanakan dengan baik, dengan memenuhi komponen-komponen rencana pembelajaran yang telah mengacu pada silabus pembelajaran bahasa Inggris yang ditetapkan oleh pemerintah; (2) implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran guru telah berusaha menerapkan pendekatan saintifik (5M) dengan pengunaan metode pembelajaran yang bervariasi namun terkadang dalam pelaksanaannya belum semua komponen 5 M dapat dilaksanakan dengan baik karena kondisi dan situasi kelas pada saat KBM; (3) implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian pembelajaran, dapat diketahui bahwa belum semua aspek dalam penilaian otentik mampu dilaksanakan oleh guru akibat banyaknya komponen penilaian yang harus dilaksanakan; (4) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, antara lain: banyaknya dokumen administrasi pembelajaran,kurangnya pemahaman guru mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, alokasi waktu yang terbatas, kurangnya buku teks pembelajaran, dan kesulitan dalam melaksanakan keseluruhan penilaian otentik; (5) usaha yang dilakukan guru antara lain: melakukan pengembangan sesuai dengan kondisi dan situasi pembelajaran di kelas, melakukan pengklasifikasian secara spesifik serta menambah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan peserta didik, guru menyiapkan sumber-sumber belajar tambahan, guru bertukar pikiran dengan guru-guru sejawat dalam kegiatan MGMP yang dilaksanakan oleh sekolah maupun Dinas Pendidikan Kabupaten, dan guru mengikuti diklat atau workshop kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Inggris, SMP |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Dec 2018 04:16 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 02:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62221 |
Actions (login required)
View Item |