Pengaruh Penulisan Jurnal Pribadi (Personal Journal) terhadap Minat dan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Keputran A Yogyakarta.

Hadiyanti, Ratna Winahyu (2018) Pengaruh Penulisan Jurnal Pribadi (Personal Journal) terhadap Minat dan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Keputran A Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-winahyu-hadiyanti-14712251007.swf

Download (4MB)

Abstract

ujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penulisan jurnal pribadi (personal journal) terhadap: (1) minat menulis siswa, (2) keterampilan menulis siswa, (3) minat dan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri Keputran A Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Keputran A Yogyakarta dengan jumlah 83 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III C sebagai kelompok eksperimen, siswa kelas III B sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket minat menulis dan soal tes keterampilan menulis. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas instrumen dinyatakan baik dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,845. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample t-test dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan jurnal pribadi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap: (1) minat menulis siswa yang dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan (2) keterampilan menulis siswa yang dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan (3) minat dan keterampilan menulis yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa penulisan jurnal pribadi (personal journal) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat dan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri Keputran A Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penulisan jurnal pribadi, minat menulis, keterampilan menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:41
Last Modified: 09 May 2019 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61960

Actions (login required)

View Item View Item