Keberhasilan Lembaga Suluk Dalam Membentuk Nilai-Nilai Karakter Masyarakat di Rokan Hulu, Provinsi Riau

Syafrizal, Syafrizal (2018) Keberhasilan Lembaga Suluk Dalam Membentuk Nilai-Nilai Karakter Masyarakat di Rokan Hulu, Provinsi Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
SYAFRIZAL (16704251005)-converted.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1). Persiapan awal lembaga Suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter di masyarakat di kabupaten Rokan hulu. (2). Kegiatan lembaga Suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter di masyarakat di kabupaten Rokan hulu. (3). Penerapan pembelajaran lembaga Suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter di masyarakat di kabupaten Rokan hulu, (4). Keefektivitas lembaga Suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter di masyarakat di kabupaten Rokan hulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis pendekatan etnografi yaitu memahami sudut pandang penduduk asli, hubungannya dengan kehidupan, untuk mendapatkan pandangan mengenai dunianya. Oleh karena itu, peneliti etnografi melibatkan aktivitas belajar mengenai dunia orang yang telah belajar melihat, mendengar, berbicara, berfikir dan bertindak dengan cara yang berbeda, jadi etnografi itu tidak hanya mempelajari masyarakat, tetapi jauh dar iitu, etnogafi belajar dari masyarakat penentuan subjek penelitian terdiri dari mursyid (tuan guru), wakil mursyid dan jamaah pengikut lembaga suluk. Hasil Penelitian menghasilkan yaitu: 1. Persiapan awal lembaga suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter sebelum seseorang memasuki pendidikan yang harus diketahui oleh jamaah pendidikan suluk itu adalah Rukun suluk yaitu : (a) Berniat masuk suluk dengan ikhlas, (b) Dengar suruhan Mursyid/Khalifah diyakini dengan ikhlas, (c) Mengambil khalwat seperti didalam kubur, (d) Tiga kali bertawajuh dan berkhatam sehari semalam. Kemudian juga harus diketahui adab-adab dalam pendidikan suluk, seperti adab sebelum suluk ada 6, adab dalam suluk ada 21, dan adab sesudah suluk ada 9. Hal ini berguna bagi jamaah suluk untuk keberlangsungan dan keberkahan dalam amalan yang dikerjakan.2. kegiatan lembaga suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter maka tidak terlepas dari adab suluk dan ketentuan dari aturan thariqat naqsabandi itu sendiri baik itu seperti pelajaran-pelajaran yang dipelajari dalam masa pendidikan. 3. Penerapa pembelajaran nilai-nilai karakter lembaga suluk dalam membentuk pendidikan suluk yaitu seorang syekh mursyid menerapkan nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai karakter, kejujuran, toleransi, kerjakeras, percaya diri dan tanggungjawab kepada jamaah dan simpatisannya. 4. Keefektifitas lembaga suluk dalam membentuk nilai-nilai karakter yang dilaksanakan oleh jamaah thariqat naqsabandi atau jamaah pendidikan suluk. Kata kunci :lembaga suluk, nilai-nilai karakter, pendidikan suluk

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Date Deposited: 06 Dec 2018 07:00
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61669

Actions (login required)

View Item View Item