T. Wakiman, . and Murtiningsih, . (1998) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MENGALIHBAHASAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN TES BERBENTUK URAIAN DAN DENGAN TES BERBENTUK PILIHAN GANDA PAOA MAHASISWA PGSD IKIP YOGYAKARTA. [Experiment/Research]
Text
PERBEDAAN_PRESTASI_BELAJAR_MENGALIHBAHASAKAN.doc Download (30kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa tinggi prestasi belajar mengalihbasahasakan soal cerita mate:- matika dengan menggunakan tes berbentuk uraian pada mahasiswa PGSD IKIP Yogyakarta,(2) seberapa tinggi prestasi belajar menga ihbahasakan soal cerita matematika dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda pada mahasiswa PGSD IKIP Yogyakarta, dan (3) ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar mengalihbahasakan soal cerita matematika antara menggunakan tes berbentuk uraian dan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda pada mahasiswa PGSD IKIP Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD D-II Guru Kelas FIP IKI Yogyakarta angkatan tahun 1995 sebanyak 198 orang. Sampel ditentukan dengan teknik quota proporsional random sampling. Besar sampel 40% dari populasi yaitu 80 0ra.ng.Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode tes. Setelah dilakukan penskoran terhadap setiap faktor dari jawaban ada kedua perangkat tes maka diperoleh data penelitian (skor) untuk faktor persamaan 1inier 1 peubah faktor persamaan kuadrat 1 peubah, dan skor untuk soal cerita secara keseluruhan. Untuk tujuan (1) dan (2) data penelitian dianalisis dengan analisanalisis den,an menggunakan program uji-t Amatan Ulangan. Kesimpulan dari hasil analisis adalah bahwa mahasiswa PGSD D-II Guru Kelas FIP IKIP Yogyakarta. angkatan tahun 1995: (1) sebagian terbesar (75%) prestasi belajarnya rendah dalam mengalihbahasakan soal cerita matematika menjadi kalimat matematika dengan menggunakan tes uraian, (2) sebagian terbesar (82,50%) prestasi belajarnya baik (termasuk kategori sedang dan tinggi) dalam mengalihbatasakan soal cerita matematika menjadi kalimat matematika dengan mcnggunakan tes pilihan ganda, (3) &da perbedaan yang sangat signifikan dalam prestasi belajar mengalihbahasakan soal cerita matematika ke dalam kalimat matematika.antara menggunakan tes uraian dan menggunaka.n tes pilihan ganda. Perbedaan tersebut adalah prestasi belajar yang dicapai dengan meng- gunakan tes uraian jauh lebih rendah dibandingkan yang dicapai dengan menggunakan tes pilihan ganda.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | LPPM |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 11:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6158 |
Actions (login required)
View Item |