PENGUJIAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTALITE PADA SUPRA X 125 – EFI TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG

Akbar, Wisnu Abi (2016) PENGUJIAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTALITE PADA SUPRA X 125 – EFI TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
LaporanProyekAkhir_OTO_WisnuAbiAkbar_12509134011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proyek Akhir pengujian bahan bakar premium dan pertalite pada SUPRA X 125 – EFI terhadap performa mesin dan emisi gas buang ini bertujuan untuk : (1) mengetahui proses pelaksanaan pengujian performa mesin dan emisi gas buang; (2) mengetahui perbedaan performa mesin yang dihasilkan pada penggunaan bahan bakar premium dan pertalite; (3) mengetahui perbedaan emisi gas buang yang dikeluarkan pada penggunaan bahan bakar premuim dan pertalite. Pengujian ini dilakukan pada sepeda motor dengan penggunaan bahan bakar premium dan pertalite. Pengujian ini meliputi pengujian perfoma mesin menggunakan alat Dynamometer yang digunakan untuk mengetahui besar torsi serta daya dan pengujian emisi gas buang menggunakan alat Gas Analyzer untuk mengetahui kadar CO, CO2, serta HC. Kemudian dalam metode pengambilan data pengujian performa, diambil data terbaik sebanyak satu sample. Setelah melakukan pengujian, dilakukan proses pengolahan data dari masing-masing sample tersebut dengan membandingkan untuk mencari daya dan torsi yang lebih besar pada penggunaan premium atau pertalite. Perbandingan terhadap spesifikasi juga dilakukan untuk melihat sudah atau belum tercapainya daya dan torsi maksimal pada penggunaan masing-masing bahan bakar. Sedangkan pada pengambilan data pengujian emisi gas buang, dilakukan lima kali pengujian kemudian dicari rata-ratanya. Kemudian dilakukan pengolahan data dengan mencari data reratanya. Selanjutnya data tersebut dibandingkan untuk mengetahui premium atau pertalite yang memiliki emisi gas buang yang lebih baik. Kemudian dilihat dengan ambang batas emisi gas buang yang ada di Indonesia didapatkan memenuhi tidaknya emisi gas buang tersebut. Hasil pengujian sebagai berikut : (1) Proses pengujian performa mesin dan emisi gas buang berjalan dengan baik yang meliputi persiapan kendaraan uji, persiapan alat uji, dan pelaksanaan pengujian. (2) Terdapat perbedaan performa mesin yang dihasilkan pada penggunaan bahan bakar premium dan pertalite. Performa mesin pada penggunaan bahan bakar pertalite lebih baik dari premuim dengan ditunjukan selisih daya sebesar 0.202 PS dan selisih torsi 0.001 kgf.m. (3) Terdapat perbedaan hasil emisi gas buang pada penggunaan premium dan pertalite. Emisi gas buang premium dan pertalite masih dalam ambang batas yang ditetapkan. Pada premium dihasilkan kadar CO sebesar 2.535%, CO2 12.02%, dan HC 693.75 ppm. Sedangkan pada pertalite dihasilkan kadar CO sebesar 2.610%, CO2 12.04%, dan HC 621.50 ppm.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Dr. Zainal Arifin, M.T (Dosen Pembimbing)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Dec 2018 08:45
Last Modified: 29 Jan 2019 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61536

Actions (login required)

View Item View Item