Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD di Kecamatan Minggir

Lumbantobing, Winda Lidia (2018) Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD di Kecamatan Minggir. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Winda Lidia Lumbantobing_16712251076.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap (1) rasa ingin tahu peserta didik, (2) kemandirian belajar peserta didik, dan (3) rasa ingin tahu dan kemandirian belajar peserta didik secara bersama-sama. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah non equivalent (pretest and postest) comparasion-group.Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V SD kecamatan Minggir. Dua kelas eksperimen digunakan masingmasing kelas V SD Balangan 1 dan kelas V Kebunagung. Kelas V SD Balangan 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur rasa ingin tahu dan kemandirian belajar peserta didik. Uji validasi instrumen menggunakan 2 orang expert judgement dan uji product moment. Uji realibilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data independent sample t-Test dan multivariate manova dengan taraf signifikasi α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan rasa ingin tahu peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS dengan t =5.732 dengan Sig=0.000< 0.005, (2) terdapat perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS dengan nilai t hitung hitung =3.922 dengan Sig.= 0.000 < 0.005, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap rasa ingin tahu dan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai F = 6.414.147 dengan Sig. = 0.000 < 0.005. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCSlebih berpengaruh terhadap kemandirian belajar dengan rerata nilai 75.89.dibandingkan rasa ingin tahu dengan rerata nilai 64.23. Kata Kunci: model pembelajaran ARCS, rasa ingin tahu, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 22 Nov 2018 07:06
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61359

Actions (login required)

View Item View Item