Pengembangan Perangkat Peer Assessment untuk Menilai Keterampilan Representasi, Karakter Disiplin dan Kerjasama Siswa Kelas V SD di Yayasan Yohanes Gabriel Surabaya

Sudarto, Agenes Lirinanda (2018) Pengembangan Perangkat Peer Assessment untuk Menilai Keterampilan Representasi, Karakter Disiplin dan Kerjasama Siswa Kelas V SD di Yayasan Yohanes Gabriel Surabaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Agnes Lirinanda Sudarto_16712251036.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat peer assessment yang layak untuk menilai keterampilan representasi, karakter disiplin dan kerjasama siswa kelas V SD, dan (2) mengetahui reliabilitas perangkat peer assessment untuk menilai keterampilan representasi, karakter disiplin, dan kerjasama siswa kelas V SD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD di Yayasan Yohanes Gabriel Surabaya. Subjek coba kelompok kecil terdiri dari 63 siswa. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 144 siswa. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli evaluasi, validasi ahli karakter, validasi ahli matematika, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji faktorial dan uji interrater reliability Kappa Cohen. Hasil penelitian berupa perangkat peer assessment yang layak dan efektif untuk menilai keterampilan representasi, karakter disiplin dan kerjasama siswa. Kelayakan bahan ajar ini dapat dilihat dari hasil penilaian ahli evaluasi pada aspek isi pernyataan peer assessment sebesar 45 pada skala sangat baik, aspek tujuan penilaian sebesar 10 pada skala sangat baik dan aspek bahasa mendapat nilai 16 pasa skala sangat baik. Ahli karakter memberikan penilaian untuk aspek langkah-langkah pembelajaran sebesar 8 pada skala sangat baik, aspek isi peer assessment sebesar 32 pada skala sangat baik, aspek tujuan penilaian sebesar 11 pada skala sangat baik, dan aspek bahasa sebesar 16 pada skala sangat baik. Ahli matematika memberi nilai pada aspek langkah-langkah pembelajara dalam RPP sebesar 43 pada skala sangat baik dan untuk aspek bahasa sebesar 9 pada skala baik. Menurut respon guru dan siswa, penilaian teman sebaya yang dikembangkan masuk kategori sangat baik, sedangkan reliabilitas perangkat penilaian dilihat pada uji validitas yang menunjukkan p > 0.5 dan uji interrater reliability yang menunjukkan hasil bahwa penilaian teman sebaya yang dilakukan siswa dapat digunakan sebagai acuan untuk menilai dengan level Kappa Cohen dengan level agreement minimal moderate. Sebagai saran masukan sebaiknya peer assessment dibuat dalam bentuk program komputer sehingga bisa dengan mudah dan sering digunakan saat di kelas. Kata Kunci : peer assessment, keterampilan representasi, karakter disiplin, kerjasama.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:10
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61281

Actions (login required)

View Item View Item