PENGEMBANGAN TRAINER TEKNIK DIGITAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL PROGRAM STUDI DIPLOMA TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Cikarge, Ghia Pisti (2018) PENGEMBANGAN TRAINER TEKNIK DIGITAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL PROGRAM STUDI DIPLOMA TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_GHIA_16502247007.pdf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan Media Praktik yang sesuai dengan Mata Kuliah Praktik Teknik Digital Program Studi D3 Teknik Elektronika, JPTEI FT UNY; (2) Mengetahui unjuk kinerja Media Praktik Teknik Digital pada Mata Kuliah Praktik Teknik Digital Program Studi D3 Teknik Elektronika, JPTEI FT UNY; (3) Mengetahui kelayakan Media Praktik Teknik Digital pada Mata Kuliah Praktik Teknik Digital Program Studi D3 Teknik Elektronika, JPTEI FT UNY. Penelitian ini merupakan pengembangan trainer teknik digital menggunakan metode ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran (Expert Judgement). Uji kelayakan produk dilakukan pada 18 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika JPTEI FT UNY sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert untuk ahli dan siswa. Teknik analisis data untuk kelayakan produk menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media praktik yang dihasilkan berupa trainer yang terdiri dari 4 blok/area utama, yaitu blok input, blok output, blok development dan blok power, jobsheet yang terdiri dari 12 materi praktik, yaitu Gerbang Logika, Aljabar Boolean, Aritmetika Digital, Clock Pulse Generator, Flip-Flop, Decoder, Pencacah Sinkron-Asinkron, Shift Register, MultiplexerDemultiplexer, dan ADC, serta manual book yang berisi informasi mengenai panduan penggunaan dan perawatan trainer sudah sesuai dengan Mata Kuliah Praktik Teknik Digital Program Studi D3 Teknik Elektronika JPTEI FT UNY; (2) Hasil uji unjuk kinerja sudah berfungsi dengan sangat baik dan stabil pada setiap bagian maupun secara keseluruhan; (3) Hasil uji kelayakan materi memperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji kelayakan media memperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan hasil uji kelayakan pengguna memperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media praktik yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah praktik teknik digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Teknik, Digital, Pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Oct 2018 00:35
Last Modified: 30 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60628

Actions (login required)

View Item View Item